130 Warga Palestina Gugur, dan 14 Ribu Terluka Sejak Dimulainya Aksi Great March Return(GMR)

Faktapos.com – Gaza, 9 Juni 2018. Departemen Kesehatan Palestina mengumumkan, jumlah korban terluka di pawai Hak Kepulangan dan Hari Quds Sedunia sampai saat ini mencapai 386 orang.

Menurut laporan IRIB, televisi al-Mayaden Lebanon melaporkan, hari ini (Jumat 8/6) seiring dengan dimulainya pawai hak kepulangan di hari Quds, militer Israel menembaki para demonstran di timur Gaza dengan peluru tajam dan gas air mata.

Departemen Kesehatan Palestina di Jalur Gaza mengumumkan hingga kini korban terluka mencapai 386 orang dan kondisi lima di antaranya kritis. Di antara korban cidera terdapat seorang perempuan dan sejumlah wartawan. Tentara Zionis juga menembaki tim penyelamat dan mobil ambulans.

Televisi al-Aqsa merilis video bentrokan antara militer Zionis dan warga Palestina di timur Gaza dan melaporkan, warga Palestina berhasil menumbangkan sebuah drone Israel yang menembakkan gas air mata ke arah demonstran di timur Rafah dan mereka membakar plastik dan ban mobil untuk menutupi penglihatan sniper Israel.

Televisi ini juga melaporkan kebakaran di 4 titik milik Israel di timur Gaza akibat terkena balon yang diterbangkan warga Palestina.

Ribuan warga Palestina hari Jumat (8/6) usai shalat Jumat di Masjid al-Aqsa mulai menggelar demonsrasi hak kepulangan di Gaza. Pawai hari Quds digelar hari Jumat (8/6) terakhir di bulan suci Ramadhan di Iran dan berbagai negara dunia.

Selama demonstrasi hak kepulangan yang digelar di perbatasan Jalur Gaza yang dimulai sejak 30 Maret lalu, 130 warga Palestina gugur dan 14 ribu lainnya cidera. Ratusan korban cidera dilaporkan dalam kondisi kritis. (Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *