Ansarullah Sambut Baik Seruan PBB Uktuk Akhiri Pertempuran Hudaydah

Faktapos.com – Sanaa, 12 November 2018. Menlu Yaman kubu Ansarullah, Hisham Sharaf, menyambut baik seruan Komisaris Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet, agar eskalasi militer di provinsi Hudaydah segera diakhiri demi menyudahi penderitaan warga sipil dan menghormati hukum kemanusiaan internasional dan instrumen HAM internasional.

Hisham Sharaf juga menyambut baik seruan Bachelet agar aliansi pimpinan Arab Saudi segera menghapus pembatasan akses secara aman dan cepat bantuan kemanusiaan dan lain-lain, demikian pula peringatan  Bachelet agar semua negara berkomitmen menjamin penghormatan kepada semua pihak yang terlibat dalam konflik sesuai Konvensi Jenewa, termasuk penetapan syarat, atau pembatasan, atau pencegahan pengiriman senjata kepada pihak-pihak yang bertikai.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Sharaf meminta Bachelet berkunjung ke Yaman untuk mempelajari realitas kejahatan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi selama empat tahun berturut-turut.

Sharaf  menyebutkan bahwa eskalasi militer di Hudaydah oleh pasukan koalisi berpotensi menimbulkan bencana kemanusiaan besar, dan merusak upaya perdamaian utusan khusus Sekjen PBB untuk Yaman.

Dia menegaskan komitmen Republik Yaman untuk melindungi dan menjunjung HAM, menghormati hukum humaniter internasional, dan instrumen HAM internasional.

Sharaf menekankan kesiapan Pemerintah Keselamatan Nasional Yaman berpartisipasi dalam perundingan damai yang disponsori PBB untuk mencapai perdamaian yang adil, terhormat, serta melestarikan persatuan, kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas Yaman.

Terakhir, Sharaf menyerukan pembentukan tim investigasi internasional independen untuk menyelidiki pelanggaran dan kejahatan terhadap Yaman, mengakhiri impunitas,  dan menyajikan keadilan bagi para korban.(Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *