AS Mati-Matian Bela Israel dalam Sidang Darurat DK PBB Soal Palestina

Faktapos.com – New York, 16 Mei 2018. Nikki Haley, Duta Besar AS untuk PBB, berbicara pada pembukaan sidang darurat Dewan Keamanan PBB dan membela kekerasan Israel terhadap para demonstran damai Palestina, dan mengatakan bahwa rezim Tel Aviv sudah cukup menahan diri dalam merespon para pengunjuk rasa di perbatasan Gaza. Dia juga menepis anggapan bahwa kekerasan itu disebabkan oleh pembukaan Kedutaan Besar AS di al-Quds.

“Tidak ada negara di ruangan [sidang] ini yang akan bertindak dengan lebih sabar daripada Israel,” kata Haley kepada Dewan. “Bahkan catatan beberapa negara di sini hari ini menunjukkan bahwa tindakan mereka akan jauh lebih tidak terkendali,” katanya.

Amerika Serikat telah memblokir adopsi pernyataan Dewan Keamanan PBB yang menyerukan “penyelidikan independen dan transparan” terkait pembunuhan para pengunjuk rasa Palestina di perbatasan Jalur Gaza.

Pernyataan itu, yang disusun oleh Kuwait menjelang pertemuan pada hari Selasa, menyebutkan “kemarahan dan kesedihan” atas gugurnys lebihd ari 58 warga Palestina dalam demonstrasi menentang pembukaan Kedutaan Besar Amerika di al-Quds.(Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *