Awas! Driver Online Gunakan “Tuyul”

Dengan berkembangnya tehnologi, tidak bisa dipungkiri kehadiran sarana transportasi online menjadi daya tarik tersendiri. Mudah, murah, tarif yang jelas sering menjadi alasan banyak orang menggunakan jasa mereka.

Namun belakangan muncul beberapa komplain yang sempat viral oleh netizen. Driver angkutan online kini marak menggunakan “tuyul”. Ini adalah istilah yang diberikan netizen untuk aplikasi Fake GPS yang digunakan driver yang bertujuan menipu lokasi atau merekayasa jalur.

Pada dasarnya transportasi online sangat bergantung pada akses GPS, dengan tehnologi ini driver dan penumpang akan dipertemukan. Rupanya hal itu disadari oleh sebagian driver. Mereka mulai memanipulasi posisi dengan menggunakan aplikasi Fake GPS. Mudahnya, mereka cukup menyeting lokasinya di tempat-tempat keramain tertentu sementara mereka bisa saja sedang asik nongkrong di warung. Dengan cara itu mereka bisa menyaring penumpang lebih banyak.

Yang kedua, sempat dilaporkan netizen ketika dia merasa dirugikan karena jalur yang ditempuh harusnya hanya 73 Km. menjadi 300 Km. lebih. Hal ini juga disinyalir hasil driver nakal yang menggunakan Fake GPS. Simak videonya yang diunggah di vidio.com
Berikut juga yang dilaporkan netizen tentang dugaan penggunaan Fake GPS atau “Tuyul” ini.

http://www.transonlinewatch.com

Pihak pengelola transportasi online pun merespon keras para driver nakal ini. Dilaporkan bahwa Grab telah mengeluarkan pernyataan tegas akan memecat mitra yang menggunakan Fake GPS. (133)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *