[Ghouta Timur] Pemberontak Hadang Konvoi Bantuan Kemanusiaan Pemerintah Suriah

Faktapos.com – 5 Maret 2018

Damaskus, Pemerintah Suriah telah mengirim 46 truk dengan bantuan kemanusiaan ke Ghouta Timur, namun usaha tersebut dirusak oleh kelompok militan tersebut, kata Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Fayssal Mikdad pada hari Minggu.

“Kami telah mencoba mengantarkan 46 truk ke Ghouta, namun militan terus menutup koridor,” kata Mikdad, seperti dikutip oleh penyiar Al Mayadeen.

Pejabat tersebut mencatat bahwa Damaskus siap untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke kamp pengungsi Rukban, yang terletak di perbatasan dengan Yordania.

“Tapi Perserikatan Bangsa-Bangsa harus memberikan jaminan bahwa pengiriman akan sampai kepada siapa yang dimaksudkan,” Mikdad menambahkan.

Pada tanggal 24 Februari, DK PBB dengan suara bulat mengadopsi Resolusi 2401 yang mendesak semua pihak yang bentrok untuk segera menghentikan semua permusuhan dan mematuhi jeda kemanusiaan jangka panjang di seluruh Suriah untuk memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan yang aman dan tanpa hambatan, serta evakuasi medis mereka yang terluka Gencatan senjata tidak berlaku untuk operasi militer yang sedang berlangsung melawan kelompok teroris Daesh atau al-Qaeda dan afiliasinya.

Lebih dari itu, Rusia mengusulkan sebuah inisiatif untuk mengatur jeda kemanusiaan lima jam sehari untuk memastikan pasokan kemanusiaan dan evakuasi dari daerah tersebut. Namun, militan, yang beroperasi di Ghouta Timur terus melakukan pemboman dan mencegah agar operasi kemanusiaan tidak dilaksanakan.(sput/fp/int/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *