Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia

Faktapos – 3 April 2018.

 

Google kemarin  (02/04/2018) mengumumkan telah menyediakan dukungan bahasa Indonesia untuk fitur asisten virtual besutannya, Google Assistant. Seperti diketahui, selama ini pengguna di tanah air yang ingin mengobrol dengan asisten pintar garapan raksasa mesin pencarian dunia ini selalu menemui adanya kendala bahasa. Seluruh pertanyaan yang dilontarkan oleh pengguna harus dalam bahasa Inggris guna mendapatkan jawaban yang pas.

 

Veronica Utami, Head of Marketing dari Google Indonesia, mengatakan: “Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo pada bulan Agustus 2017 lalu. Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna, mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain.”

Selain itu, pengguna kini tidak perlu repot mengingat daftar perintah dalam bahasa Inggris yang tidak jarang sulit dikenali oleh sang asisten lantaran adanya perbedaan aksen.

Sumber: Google Indonesia

 

Sumber: Google Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, pengguna kini juga bisa memanfaatkan sang asisten untuk menjalankan aplikasi tertentu yang cukup sering digunakan oleh warga Indonesia. Adapun daftar aplikasi yang saat ini mendukung meliputi Al-Qolam, Joox, KASKUS, Klikdokter, Mobile Legends, Tebak Gambar, VIRA dari Bank BCA. Kedepannya tentu saja akan makin banyak aplikasi yang ditambahkan daalm daftar dukungan Google Assistant ini.

Diberdayakan oleh machine learning, Google Assistant dibuat berdasarkan pengalaman perusahaan selama 20 tahun di bidang Penelusuran, termasuk natural language understanding, computer vision dan memahami konteks dari pengguna.

Google Assistant dapat memahami maksud ucapan pengguna untuk membalas pertanyaan lanjutan dan mengerjakan tugas kompleks yang terdiri dari sejumlah langkah. Asisten digital ini juga akan semakin canggih seiring waktu dan bisa mempelajari preferensi serta hal-hal yang Anda suka dan tidak suka—semua itu dilakukan dengan cara yang aman, rahasia dan dengan izin Anda. (HMB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *