Iran: Amerika Serikat Pelanggar HAM Terbesar di Abad Ini

Faktapos.com – Jenewa, 13 Maret 2018

Jenewa, Sekretaris Dewan Hak Asasi Manusia di Lembaga Kehakiman Republik Islam Iran mengatakan, hak asasi manusia harus berdasarkan kehormatan manusia dan ini bukan hadiah dari kebaikan hati PBB, Amerika dan negara-negara Barat kepada masyarakat internasional.

“Hak asasi manusia yang disampaikan Amerika dan sekutu Eropanya berdasarkan riya, standar ganda, rasisme dan egoisme,” ujar Mohammad Javad Larijani dalam wawancara dengan televisi al-Mayadeen di Jenewa, Senin (12/3).

Sekretaris Dewan HAM di Lembaga Kehakiman Iran menyinggung kejahatan Amerika di kawasan seraya menjelaskan, Amerika terlibat dalam kejahatan besar di kawasan, termasuk di Lebanon, Palestina, Yaman dan di negara-negara lain, tapi mengklaim sebagai pendukung hak asasi manusia.

Menyinggung peran dolar Arab Saudi dalam membela nilai-nilai HAM, Mohammad Javad Larijani mengingatkan bahwa Amerika dan sekutunya Eropa, bertanggung jawab atas berbagai kejahatan yang terjadi di Yaman, Suriah dan Palestina. Dengan Catatan seperti itu AS tidak lebih hanyalah pelanggar HAM terbesar abad ini.

Sekretaris Dewan HAM di Lembaga Kehakiman Iran menegaskan, pengadilan atas akidah umat Islam merupakan kasus lain dalam penerapan standar ganda Barat dalam menghadapi masalah hak asasi manusia.

Mohamamad Javad Larijani, Sekretaris Dewan Hak Asasi Manusia di Lembaga Kehakiman Republik Islam Iran melakukan kunjungan ke Jenewa untuk ikut dalam sidang ke-37 Dewan Hak Asasi Manusia PBB.(Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *