Jeish al Islam adalah Pemberontak dari Gabungan banyak faksi-faksi kecil di Suriah

Faktapos.com – Jakarta, 2 April 2018.
Suriah sudah mulai reda walaupun belum selesai. Kekacauan di negara Suriah tidak lepas dari banyaknya faksi yang mengklaim dirinya mujahidin, Jihad ke Suriah dan lain sebagainya. Banyak faksi-faksi di Suriah, yang terkenal ada 5 faksi besar yaitu  Jayish al Islam, Jabhat An-Nusra, Ahrar al-Sham, Failak Ar-Rahman dan Fajr Al-Umma, belum lagi ISIS, FSA dan lain-lainnya yang kecil-kecil.Diakui banyak sekali kelompok militan itu yang sebenarnya adalah teroris melakukan serangkaian aksi di Suriah. Mereka datang dari puluhan negara yang karena dorongan pribadi, provokasi dan tentara bayaran ataupun lainnya berbondong-bondong datang ke Suriah dengan tujuan yang sangat berbeda-beda.

Baca : https://www.faktapos.com/catatan-dina-sulaeman-siapa-yang-ada-di-east-ghouta/

Saudi, Qatar, Turki, Amerika dan Israel ikut bahkan sangat bertanggungjawab atas kekacauan Suriah. Mereka memprovokasi dengan media, membiayai, mensuplai senjata, melatih mereka, mendanai bahkan mungkin sebagaian ikut langsung bertempur disana. Mengapa Suriah diganyang seperti itu? Banyak analisa yang menjelaskannya. Tetapi yang paling penting kita bisa melihat bagaimana milisi-milisi itu bertaburan disana dengan faksi-faksinya. Mulai dari yang agak moderat, ekstrim bahkan sangat-sangat ekstrem.

Baca : https://www.faktapos.com/lima-kelompok-teroris-bentuk-komando-bersama-untuk-kacaukan-suriah/

Jeish al Islam saja misalnya itu adalah gabungan dari banyak faksi-faksi atai brigade yang bergabung dalam koordinasi Saudi Arabia. Jeish Al Islam diklaim adalah gabungan dari puluhan faksi-faksi kecil seperti Liwa (Brigade) Al-Islam, Liwa Jays Islam, Liwa Jays Muslimin, Liwa Saiful Haqq, Liwa Nusur Syam, Liwa Basya-ir An Nashr, Liwa Fath Syam, Liwa Daraa Al-Ghoutah, Kataib As-Shiddiq, Liwa Tauhid Al-Islam, Kataib Janub Al-Ashimah, Liwa Badr, ‘Umar bin Abdul Aziz, Liwa Junud At-Tauhid, Liwa Saiful Islam, ‘Umar ibn Khattab, Liwa Mu’adz ibn Jabal, Liwa Al-Faruq, Liwa Zubair ibn Awwam, Liwa zi An-Nurain, Liwa Al-Anshar, Liwa Hamzah, Liwa Ad-Difa’ Al-Jawwi, Liwa Al-Midfa’iyah was Shawarikh, Liwa’ AL-Mudarra’at, Liwa Al-Isyarah, Liwa Baibarz, Liwa Saiful Haq, Liwa Maghawir Qalamun, Liwa ‘Ibad ar-Rahman, Liwa Murabithin, Liwa Al-Badiyah, Liwa Anshar Sunnah, Liwa Ahlul Bayt, Liwa Syuhada Al-atarib, Liwa Jabhah As-Sahil, Liwa ‘Ain Jalut, Kataib Anshar Tawhid, Kataib Al-Mujahidin dll.

Baca : https://www.faktapos.com/lengkap-sejarah-perang-sipil-suria-sejak-awal/

Gabungan-gabungan Faksi-faksi kecil ini yang mengkklaim dirinya berjihad, mengakaukan Suriah dengan berbagai dukungan dari negara-negara sponsor seperti Saudi, Qatar, Turki, AS dan Israel. Walaupun Suriah sudah cukup terkendali tetapi pemulihannya dengan kerusakan yang sedemikian parah butuh waktu yang cukup lama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *