Kapolri : Habitat dan Akar Ideologi Terorisme Mesti Harus di Matikan.

Faktapos,com – Jakarta, 1 Juni 2018.
Terorisme yang merupakan kelanjutan dari Radikalisme sekarang lebih banyak di Indonesia. Perang melawan terorisme tidak akan selesai dan menghasilkan hal yang permanen bila habitat dan akar ideologinya tidak dimatikan. Wahabisme, Takfirsme adalah akar ideologi terorisme sudah banyak diketahui dan diteliti. Habitat itu di Indonesia bersarang dimana? Pemetaan kelompok radikal mesti dilakukan serta deradikalisasi harus diupayakan dengan serius. Bila tidak maka perang melawan terorisme hanya akan menghasilkan tindakan amputasi bukan pengobatan apalagi pencegahan penyakit.Seperti yang diberitakan oleh Tempo Online. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengibaratkan ideologi dan aksi teror seperti gunung es. Aksi teror merupakan bagian puncak gunung es yang muncul dari ideologi sebagai bagian bawah gunung es.

Hal tersebut disampaikan Tito saat mengunjungi Mapolresta Surabaya, Jawa Timur, yang ditimpa aksi teror bom pada Mei lalu. “Pemberantasan terorisme ini diibaratkan seperti gunung es,” kata Tito dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 1 Juni 2018.

Tito menjelaskan, pemberantasan terorisme belum efektif dengan hanya menindak aksi-aksi serangan teror, tapi harus mematikan akar masalahnya, yaitu ideologi terorisme tersebut. Hal ini seperti sifat gunung es yang saat puncaknya dihancurkan, akan membentuk kembali.

Mantan Kapolda Papua tersebut mengatakan, jika hanya menindak aksi serangan tanpa melumpuhkan ideologinya, tindak aksi teror akan tetap ada.

Tito mengatakan kepolisian masih terus memburu kelompok-kelompok yang diduga terkait dengan terorisme, mulai pemetaan hingga penangkapan. “Polri masih terus melakukan upaya pemetaan dan penangkapan,” ujarnya.

Tito juga mengajak elemen masyarakat untuk ikut terlibat bersama pemerintah melawan penyebaran paham-paham radikal. “Juga perlu rencana aksi, baik dari pemerintah maupun masyarakat untuk melawan paham-paham radikal,” katanya. (Fp/Dak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *