Kecuali AS, Seluruh Anggota PBB Sepakat Kembalikan Dataran Tinggi Golan Ke Suriah

Faktapos.com – Damaskus, 19 November 2018. Majelis Umum PBB jumat kemarin memutuskan bahwa Golan yang telah diduduki oleh Israel adalah milik dan hak kedaulatan Suriah. Keputusan tersebut diambil setelah melalui voting di majelis tersebut dimana mayoritas negara di Majelis Umum menyetujuinya. Dengan demikin segala bentuk aktifitas Israel di tanah Golan dianggap sebagai tindakan ilegal.

151 negara telah memberikan suara setuju dan hanya dua negara yang menolak. Sebelum ini para perwakilan Amerika Serikat di pemerintahan sebelum ini selalu memberikan suara abstain dalam rancangan resolusi ini.

Pemerintah Amerika Serikat, seperti negara-negara pada umumnya, sebelumnya juga tidak mengakui kedaulatan Israel di tanah tersebut yang diraih pasca perang enam hari Arab-Israel.

Kantor perwakilan Amerika Serikat di PBB dalam sebuah pernyataan mengumumkan bahwa sebab pemberian suara menolak dalam rancangan resolusi Golan adalah adanya sikap “keberpihakan yang ekstrim kepada para penentang Israel”.

Tak lama setelah pertemuan tersebut, Danny Danon, Perwakilan Israel di PBB memberikan pernyataan dan mengucapkan terimakasihnya kepada pemerintahan Donald Trump karena telah memberikan suara menolak.

Rancangan resolusi Golan adalah satu dari sembilan rancangan resolusi yang sedang dikaji oleh komite empat Majelis Umum PBB pada hari ini. delapan resolusi lainnya juga membahas tentang dukungan kepada Palestina dan pengecaman terhadap tindakan Israel terhadap warga Palestina.(Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *