Khaleej Times Ungkap Pertemuan Rahasia Arab Saudi Dengan Israel di Mesir!!

Faktapos.com, – 11 Maret 2018

Kairo, Meskipun Arab Saudi dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi, namun pertemuan antar kedua negara sering dilakukan secara intensif, hal ini dikemukakan oleh menteri energi kedua negara dalam menjelaskan hubungan Israel dengan negara Arab tersebut.

Pejabat Israel dan Arab Saudi telah mengadakan sejumlah pertemuan di Kairo dengan mediasi Mesir, menurut laporan media, dengan mengatakan bahwa seorang pejabat yang tidak ingin disebutkan  mengatakan kepada harian Emirati Khaleej Times pada hari Jumat.

Perwakilan delegasi Saudi, Israel dan Mesir bertemu di sebuah hotel mewah untuk membahas masalah ekonomi, terutama di wilayah Laut Merah, kata pejabat tersebut.

Meskipun Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan dunia Arab, kecuali Mesir dan Yordania, namun perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya mengakui bahwa Tel Aviv telah “berhasil bekerjasama dengan negara-negara Arab secara rahasia.

Pada saat yang sama, laporan media selama beberapa bulan terakhir menuduh bahwa kedua belah pihak telah mengadakan perundingan rahasia untuk membentuk hubungan formal.

Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi di Kairo awal bulan ini dan, menurut saluran TV 24news, untuk meminta Presiden Palestina Mahmoud Abbas menerima apa yang disebut “kesepakatan abad ini” dalam mengakhiri masalah Israel Konflik di Palestina.

 Abbas menanggapi, bagaimanapun, menolak untuk menerima inisiatif yang menyebutnya “tamparan abad ini,” menyerukan pendekatan multilateral global.

Situasi di wilayah tersebut meningkat pada Desember lalu, setelah Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, yang memicu kritik internasional. Setelah keputusan tersebut, Abbas mengatakan bahwa Palestina tidak lagi menganggap AS sebagai mediator karena bias terhadap Israel.(fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *