Kunjungi Jakarta, Wapres Iran Ingin Kerjasama Dengan Indonesia Ditingkatkan

Faktapos.com – Jakarta, 11 Juli 2018. Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla bertemu dengan Wakil Presiden Republik Islam Iran untuk Urusan Perempuan dan Keluarga, Masoumeh Ebtekar di kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Rabu (11/7/2018). Dalam pertemuan ini keduanya membicarakan soal ekonomi hingga perjanjian nuklir Iran.

“Untuk menyampaikan posisi kami terkait perkembangan terakhir soal kesepakatan nuklir dunia, khususnya penarikan diri Amerika Serikat dan bagaimana upaya-upaya yang berbeda harus dilakukan untuk mempertahankan non-proliferation deal, dimana kesepakatan internasional didasarkan pada Dewan Keamanan dan resolusi (PBB), untuk melindungi perdamaian dan keamanan dunia saat ini,” kata Ebtekar usai bertemu dengan JK di kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat seperti dilaporkan merdeka.com.

Utusan Khusus Presiden Iran itu juga menjelaskan, pertemuan tersebut adalah bentuk penguatan kerja sama di sektor perdagangan, ekonomi, politik, sosial serta ilmu pengetahuan antara Indonesia dan Iran.

“Bagaimana kita mempromosikan dan memperkuat kerja sama ini, dan juga isu soal perempuan dan keluarga (sosial),” paparnya.

Ebtekar menjelaskan, hal tersebut adalah kelanjutan dari pertemuan bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani pada tiga bulan lalu. Dalam kerja sama tersebut Indonesia dan Iran melakukan kerja sama e-commerce seperti kerajinan tangan.

“Semakin artistik dan berstandar internasional juga dapat meningkatkan perdagangan antarnegara. Itulah mengapa salah satu alasan kenapa e-commerce menjadi area penting untuk dibahas oleh delegasi saya dari Iran,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dia juga melakukan pembicaraan terkait petrolium di Indonesia. Karena itu Ebtekar berharap ada kerja sama yang baik di bidang yang lain.

“Kita punya sejarah kerja sama yang panjang di bidang ini dan kami menunggu kerja sama yang lebih optimistis lagi di bidang ini,” pungkasnya.(Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *