Menhan: Marawi Sudah Aman, Waspadai Militan ISIS Lari ke Indonesia Timur

FaktaPos, ​Jakarta – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengumumkan bahwa wilayah Marawi sudah aman dari aksi militan pro-ISIS. Namun Menhan RI Ryamizard Ryacudu khawatir jika ada militan yang lari ke wilayah Indonesia.


“Filipina selatan sudah aman. Nah, sekarang mereka (militan) menyebar. Nah, ini harus diwaspadai terutama jika lari ke Indonesia timur,” kata Ryamizard dalam pemaparannya di Kantor Staf Kepresidenan, Gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2017).

Pimpinan militan tersebut, Isnilon Hapilon dan Omarkhayam Maute tewas dalam pertempuran dengan militer Filipina pada Senin (16/10). Keesokan harinya, (17/10), Duterte mengumumkan Filipina telah terbebas dari ISIS.

“Hari minggu saya ke sana, bertemu teman Menhan di sana plus (Menhan) Amerika, China, Australia, Jepang dan Korsel,” kata Ryamizard.

Tak hanya soal Marawi, Ryamizard juga mewaspadai krisis yang terjadi di Rakhine State, Myanmar. Menurut dia, militan di sana bisa berbahaya jika krisis kemanusiaan tak diselesaikan.

“Ini kalau tak ditangani bisa jadi ISIS,” kata dia. (HMB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *