Militer Suriah dan Sekutu Perlahan Kuasai Ghouta Timur

Faktapos.com, – 12 Maret 2018

Damaskus, Militer Suriah dan sekutunya berhasil menguasai penuh distrik Mudira di Ghouta Timur setelah terlibat kontak senjata sengit dengan kelompok-kelompok bersenjata yang bercokol di sana.

Militer Suriah yang meringsek masuk ke kedalaman Ghouta Timur itu kini semakin berkemungkinan bertemu dengan rekan-rekan mereka yang ada di kawasan sekitar komplek administrasi kendaraan di kota Harasta.

Di pihak lain, kawanan bersenjata pemberontak dan teroris semakin mengalami tekanan fisik dan mental sehingga terjadi aksi saling tuding di antara mereka terkait dengan gerak maju militer Suriah dan sekutunya menuju posisi mereka dari dua arah di kedalaman wilayah Ghouta Timur.

Militer Suriah bergerak dari dua arah dengan tujuan mencapai komplek tersebut karena dengan mencapainya maka kawasan Ghouta Timur akan terpisah menjadi dua bagiandi mana kota Douma akan terpisah dari Harasta.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Militer Suriah dan sekutunya yang bergerak dari Mudira dan Masraba sudah masuk mencapai komplek itu untuk pertama kalinya selama enam tahun terakhir.

Sementara itu, sedikitnya empat warga sipil Suriah telah terbunuh dan 11 lainnya luka-luka terkena serangan mortir kelompok teroris takfiri Jabhat Fateh al-Sham alias Jabhat al-Nusra ke daerah permukiman di dalam dan di sekitar Damaskus. Militan Takfiri juga menembakkan mortir ke kawasan al-Assad di kota Harasta di timur laut Damaskus hingga menimbulkan kerusakan material pada sejumlah bangunan di sana, namun tidak ada laporan mengenai korban jiwa.

Kelompok teroris lain bernama Jabhat Fateh al-Sham menembakkan dua mortir ke lingkungan al-Qemariah hingga jatuh korban luka di pihak warga sipil. Dua wanita juga mengalami luka-luka terkena serangan mortir yang menerjang daerah permukiman Barzeh. (fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *