PBB: Lebih Dari Tujuh Juta Warga Yaman Kelaparan!

Faktapos.com – Sanaa, 11 Agustus 2018. Koordinator PBB untuk Urusan Kemanusiaan di Yaman Lise Grande menyebut kondisi kemanusiaan di Yaman sebagai sebuah tragedi.

Hal itu diungkapkan Grande pada hari Jumat (10/8/2018) ketika menyinggung kondisi di Yaman menyusul berlanjutnya serangan koalisi pimpinan Arab Saudi.

Dia mengatakan, saat ini lebih dari delapan juta warga Yaman mengalami kelaparan dan lebih dari tujuh juta lainnya mengalami gizi buruk.

Seperti dilansir IRIB, Grande menuturkan, saatnya telah tiba bagi dunia untuk berdiri di samping (membantu) rakyat Yaman dan mengungkapkan solidaritas kepada mereka.

Koordinator PBB untuk Urusan Kemanusiaan di Yaman juga mengecam serangan jet tempur Arab Saudi ke sebuah bus pengantar siswa dekat pasar di kota Dhahyan, Provinsi Saada.

Serangan udara Saudi tersebut merenggut nyawa 55 orang dan melukai 77 lainnya, di mana mayoritas korban adalah para siswa.

“Apa yang terjadi di Dhahyan adalah peristiwa mengerikan dan tidak dapat diterima,” kata Grande.

Agresi militer Arab Saudi ke Yaman yang didukung oleh Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya dimulai sejak Maret 2015.

Invasi militer tersebut telah menyebabkan lebih dari 14.000 warga Yaman tewas dan puluhan ribu lainnya terluka.

Blokade darat, laut dan udara terhadap Yaman oleh pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi telah menambah penderitaan rakyat negara itu. Mereka kekurangan bahan makanan dan obat-obatan. (Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *