PBB: Situasi Jalur Gaza Sangat Kritis

Faktapos.com – Gaza, 24 Agustus 2018. Deputi bidang politik sekjen PBB seraya mengisyaratkan kondisi kemanusiaan yang semakin kritis di Jalur Gaza menekankan pentingnya penyaluran bantuan kemanusiaan terhadap rakyat Palestina.

Menurut laporan IRNA, Rosemary Di Carlo hari Rabu (22/8) di sidang Dewan Keamanan PBB yang mengambil tema Timur Tengah dan Palestina, seraya bersandar pada resolusi 1860 Dewan Keamanan yang dirilis tahun 2009, menuntut persiapan bagi pengiriman seluruh kebutuhan hidup warga Gaza.

Jalur Gaza diblokade dari darat, laut dan udara oleh Israel sejak tahun 2006 dan warga di kawasan ini mengalami kekurangan bahan makanan, obat-obatan, pelayanan kesehatan dan bahan bakar.

Ia menambahkan, isu politik dan keamanan jangan sampai mencegah pengiriman bantuan kemanusiaan dan kebutuhan primer warga Gaza.

Deputi bidang politik sekjen PBB ini seraya mengisyaratkan hancurnya infrastruktur Gaza mengatakan, PBB akan meningkatkan kapasitasnya untuk mendukung lebih baik proyek yang berkaitan dengan energi, air, kesehatan dan lapangan kerja.

Di Carlo juga mengungkapkan kekhawatirannya atas penurunan bujet yang dibutuhkan PBB dan UNRWA. (Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *