Kedubes Iran di Inggris di Serang Syiah Kelompok Garis Keras.

Beberapa ekstremis Syiah yang bermarkas di Inggris yang berafiliasi dengan sekte Sadeq Shirazi menyerang tempat kedutaan Iran di London, mereka mengancam para staf dengan senjata dingin. Laporan awal mengatakan perampok adalah empat orang yang telah membuka dan masuk ke kedutaan, mereka mengancam orang-orang dengan senjata tajam dan pentungan bisbol. Polisi London dilaporkan dikerahkan di sekitar kedutaan namun tidak banyak melakukan tindakan apapun dalam beberapa jam pertama setelah serangan tersebut.

Slogan-slogan yang diucapkan oleh para perampok tersebut menunjukkan bahwa mereka adalah anggota sekte ekstrem Syiah Sadeq Shirazi, yang banyak bermarkas dan didukung oleh London.

IRNA, melaporkan bahwa sejumlah ektrimis itu menurunkan bendera Iran, sementara polisi Inggris tidak melakukan tindakan apapun untuk melindungi kompleks tersebut selama awal-awal aksi itu berlangsung.

Dubes Iran untuk Inggris Hamid Baeidinejad di halaman resmi Twitter-nya  mengkonfirmasi adanya serangan itu, dan menyebutkan bahwa pelaku bahkan membawa pisau dan tongkat serta meneriakkan slogan-slogan anti pemerintah Iran.

Bahram Qassemi mengatakan bahwa para penyerang yang naik ke balkon Kedubes Iran itu sudah ditangkap. Dia mendesak supaya para pelaku diadili dan dihukum.

Para pelaku adalah para ekstremis Syiah pendukung Sadeq Shirazi. Mereka beraksi bukan hanya dengan mengutuk pemerintah Iran, tetapi juga melakukan tindakan ektrim lainnya.

Kelompok Sadeq Shirazi adalah kelompok ekstremis Syiah yang menentang persatuan Islam sehingga memusuhi pemerintahan Iran, terutama figur Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei.

Jubir Kemlu Iran Bahram Qassemi menyatakan bahwa polisi Inggris telah menangkap para penyerang Kedubes Iran untuk Inggris di London, Jumat (9/3/2018).

Qassemi mengatakan bahwa Dubes Inggris untuk Iran menyampaikan permintaan maaf negaranya atas insiden tersebut dan mengatakan bahwa polisi anti-huru hara hadir di kompleks Kedubes Iran dan mengendalikan situasi.

Dia menekankan bahwa semua tindakan yang diperlukan telah dilakukan untuk melindungi para diplomat Iran dan mencegah masuknya penyerang ke gedung kedubes.

Wakil Menlu Iran Urusan Politik, Abbas Araqchi, menyampaikan protesnya kepada Dubes Inggris untuk Iran di Teheran atas peristiwa itu dan meminta otoritas Inggris menerapkan pengamaan secara ketat dan menindak tegas para pelaku. (HMB/Al Alam).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *