PM Irak Putuskan Hashd al-Shaabi Merupakan Bagian Dari Angkatan Darat Irak

Faktapos.com, – 10 Maret 2018

Baghdad, Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi mengeluarkan surat keputusan yang menginstruksikan penggabungan resmi pasukan relawan rakyat al-Hashd al-Shaabi ke Angkatan Bersenjata Irak.

Berdasarkan keputusan yang diumumkan pada hari Kamis (08/3/2018), pasukan relawan rakyat itu akan diberi hak yang sama dengan personil militer. Keputusan tersebut menambahkan bahwa pejuang Hashd al-Shaabi akan digaji setara dengan personil militer di bawah kendali Kementerian Pertahanan Irak.Mereka juga harus patuh pada hukum militer, dan akan diijinkan mengakses lembaga dan akademi militer.

Hashd al-Shaabi memainkan peran penting dalam pembebasan wilayah yang dikuasai kelompok teroris Daesh di selatan, timur laut dan utara ibukota Irak Baghdad, sejak kelompok teroris tersebut melancarkan serangan pada bulan Juni 2014.

Pemerintah Irak telah berulangkali mengecam tuduhan sektarian terhadap Hashd al-Shaabi, yang diklaim sebagian pihak sebagai pasukan Syiah untuk memerangi kelompok Sunni. Hashd al-Shaabi mencakup seluruh warga Irak dari berbagai etnis dan mazhab termasuk Sunni, Syiah, Kristen dan para pejuang suku nomaden.(ft/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *