Suriah Aman, Puluhan Ribu Pengungsi Suriah di Lebanon Bersiap Pulang

Faktapos.com – Beirut, 16 Juni 2018. Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) menyatakan bahwa lebih dari 11,000 pengungsi Suriah bersiap untuk “pulang secara sukarela” dari Lebanon ke Suriah.

Wakil UNHCR di Lebanon, Mirai Gerard, Rabu (13/6/2018), kepada Reuters mengatakan, “Lebih dari 11,000 pengungsi telah bersiap pulang secara sukarela dari Lebanon ke Suriah pada tahun lalu. Berbagai kelompok pengungsi telah berkoordinasi dengan pemerintah Suriah dan Lebanon untuk kepulangan mereka.”

Kemlu Lebanon pekan lalu menuding UNHCR menakut-nakuti para pengungsi itu agar tidak kembali ke Suriah dengan cara bertanya kepada mereka bagaimana jika mereka mendapatkan kesulitan setelah pulang.

Namun, Gerard mengatakan bahwa lembaganya konsisten pada standar internasional dalam memperlakukan para pengungsi demi memenuhi segala informasi yang memadai untuk kepulangan mereka secara aman dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membantu proses kepulangan.

Lebanon menerima kurang dari 1 juta pengungsi Suriah. Pemerintah Lebanon mengeluhkan keberadaan mereka karena menimbulkan tekanan pada layanan publik dan turunnya pertumbuhan ekonomi.

Menlu Lebanon Gebran Basil sebelumnya mengatakan bahwa kondisi “sudah aman” untuk kepulangan mereka ke Suriah.

Badan keamanan Lebanon telah melakukan beberapa tindakan administratif untuk kepulangan pengungsi, antara mencatat nama mereka dan berkoordinasi dengan lembaga “rekonsiliasi” di Suriah serta dengan pemerintah Suriah. (Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *