Terkuras Biaya Perang Yaman, Arab Saudi Pinjam 11 Milyar Dollar

Faktapos.com – Riyadh, 18 September 2018. Perang yang disulut rezim Al Saud di Yaman menguras kas Arab Saudi hingga negara ini harus mengulurkan tangan untuk meminta pinjaman internasional.

Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) menyatakan untuk pertama kalinya Arab Saudi menarik pinjaman internasional senilai 11 miliar dolar demi mengatasi masalah finansial yang melilit negara ini.

AFP melaporkan, setelah tercapai kesepakatan penjualan saham perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco, Dana Investasi Publik (PIF) dalam statemennya menyatakan bahwa pinjaman internasional senilai 11 miliar dolar sebagai langkah awal untuk menutupi utang yang semakin membengkak.

Menyusul berlanjutnya kekhawatiran masalah keamanan dalam negeri, pada 22 Agustus lalu, penjualan saham Aramco dihentikan.

Selain menghentikan penjualan saham Aramco di bursa dalam dan luar negeri, Riyadh juga memecat penasihat finansial yang berkaitan dengan parakarsa tersebut.

Perang yang dikobarkan koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi di Yaman, selain menimbulkan korban jiwa dan kerusakan besar bagi Yaman, juga menguras kas negara Arab Saudi.

Dilaporkan, dana yang dikucurkan Arab Saudi dalam perang Yaman menurut para ahli menelan 200 juta dolar perhari.(Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *