Timteng Semakin Panas!! Turki Akan Perluas Operasi Militer ke Irak

Faktapos.com, – 20 Maret 2019

Ankara, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berjanji memperluas operasi militer melawan militan Kurdi di Suriah hingga ke bagian timur negara Arab itu, bahkan mengancam mengirim pasukan ke Irak utara jika Baghdad tidak dapat membersihkan wilayah tersebut dari para militan Kurdi.

Berbicara di Ankara sehari setelah pasukan Turki dan sekutu mereka menyerbu dan menguasai kota Afrin, barat laut Suriah, Erdogan mengatakan pada hari Senin (19/3/2018) bahwa militer negaranya akan menargetkan kota Manbij Suriah, juga Ayn al-Arab atau Kobani, dan kota-kota sepanjang perbatasan ke timur Sungai Eufrat.

“Sekarang kita akan melanjutkan proses ini sampai kita sepenuhnya membersihkan ¬†koridor ini, termasuk di Manbij, Ayn al-Arab, Tal Abyad, Ra’s al-Ayn dan Qamishli,” kata Erdogan dalam pidatonya.

Menekankan bahwa tidak ada rencana bagi militer Turki untuk membatalkan Operasi “Olive Branch” melawan anggota Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang didukung AS di Suriah, Erdogan menggambarkan pendudukan Afrin hanya sebagai “koma” dan memperingatkan potensi serangan mendadak ke daerah-daerah yang dikuasai militan Kurdi di Irak utara.

Ankara menilai YPG sebagai cabang dari kelompok militan Partai Buruh Kurdistan (PKK) yang telah berjuang untuk mendirikan wilayah otonom di Turki sejak 1984.(fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *