UEA Gunakan Anggota Daesh Untuk Serang Yaman

Faktapos.com – Sanaa, 15 September 2018. Pasukan Uni Emirat Arab (UEA) di Yaman telah menggunakan sejumlah besar anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) hingga salah satu tokohnya terbunuh dalam pertempuran di kawasan Kilometer 16, provinsi Hudaydah.

Yemeni Press, Jumat (14/9/2018), melaporkan bahwa satu tokoh ISIS yang berjulukan Rashad Muhsin Ali Fari’ al-Aghbari tewas dalam pertempuran di kawasan Kilometer 16 pesisir barat negara ini.

Mengutip keterangan beberapa sumber, Yemeni Press melaporkan UEA telah mengerahkan sejumlah besar teroris ISIS dari provinsi Shabwah dan Abyan untuk ikut berperang melawan tentara Yaman dan para pejuang Ansarullah (Houthi) di Kilometer 16 di mana ratusan pasukan yang didukung koalisi Arab Saudi-UEA tewas.

Disebutkan bahwa diantara pasukan yang tewas itu terdapat puluhan anggota kelompok teroris beraliran Salafi/Wahhabi tersebut, satu di antaranya Rashad Muhsin Ali Fari’ al-Aghbari.

Beberapa kantor berita dunia pernah melaporkan adanya surat menyurat dan dokumen yang membuktikan keterlibatan pemerintah UEA menyokong Al-Qaeda dan kelompok teroris lain di Yaman, tepatnya di provinsi-provinsi selatan.

Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa intelijen UEA menyerahkan dana dan senjata dalam jumlah besar kepada para pemimpin kelompok-kelompok teroris agar mereka melancarkan serangan-serangan teror dan pembunuhan di provinsi-provinsi selatan Yaman. (Fp/a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *