Vonis Tokoh ‘Penyebar Hoax dan Ujaran Kebencian’, Jonru Ginting Hari ini Dibacakan.

Jakarta, FaktaPos – Sidang pembacaan vonis Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting akan digelar hari ini, Jumat, 2 Maret 2017 di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Sidang vonis Jonru ini akan digelar pada pukul 13.00 WIB seusai ibadah shalat Jumat.

Kuasa hukum Jonru Ginting, Djudju Purwanto optimis kliennya akan bebas dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Kalau bersandar kepada hukum formal, kami optimis bisa mememenangkan pengadilan,” ujar Djuju dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tempo, Kamis, 1 Maret 2018.

Sementara itu Handri, jaksa penuntut umum (JPU) optimistis Jonru, terdakwa kasus ujaran kebencian di media sosial bakal masuk bui. Dia yakin tuntutannya akan dipenuhi oleh majelis hakim yang dipimpin oleh Antonio Simbolon.

“Kami tetap yakin, barang bukti yang kami hadirkan dalam persidangan sudah sesuai fakta-fakta,” ujar Handri saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu, 28 Februari 2018.

Handri yakin, Jonru Ginting telah melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto 45a ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 yang diperbarui menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Jonru ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan oleh penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya pada Jumat, 29 September 2017. Jonru Ginting dilaporkan oleh Muannas Alaidid atas tuduhan ujaran kebencian karena menulis status di Facebook yang dinilai mengandung pelanggaran unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (sara).

Meskipun begitu, Jonru Ginting keukueh dirinya telah menyebar ujaran kebencian di media sosial. “Postingan saya yang diperkarakan tidak benar terdapat unsur kebencian,” kata Jonru Ginting. Alasannya, jika postingannya menyebarkan kebencian, hingga saat ini tidak ada perselisihan ataupun bentrok di masyarakat karena postingannya tersebut. (HMB)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *